Minggu, 02 Desember 2012

PROGRAM TAHUNAN SMP BAHASA INGGRIS





PROGRAM TAHUNAN


Nama Sekolah        : .........................
Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris
Kelas / Semester     : VII – 1 & 2
Tahun Pelajaran     : 20... / 20 ...
Target Nilai Prota  : ...

SMT
KOMPETENSI DASAR
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Ket
1
















































































































































































1.Mendengarkan
    memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
1.1  Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal    (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang

Contoh:

A : Good morning
     How are you ?
 B : Fine Thanks.
      Nice to meet you

A : Hello, I’ Nina
 B : Hi, I’m Reny
      Nice to meet you

A :  Don’t do that
B :  No. I won’t

A :  Stop it
B :  Ok




1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  beriteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
Contoh :

A :  Where’s the book?
B :  It’s there.

A :  Thank you.
B :  You’re welcome.


A :  I’m sorry.
B :  it,s okay.

A :  Please..!
B :  All right thanks.



2. Mendengarkan
      Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
2.1  Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Contoh:
·   Keep closed !

·   Things to buy
-   Sugar
-   Flour
-   Meat
-   Butter
·   Congratulations !
·   Well done !
·   Announcement !
“ School will close tomorow since  it’s the WAISAK day.”




2.2. Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat



Contoh:
·   Congratulations !
·   Well done !
·   Announce ment !
“ School will close tomorow since  it’s the WAISAK day


3. Berbicara
      Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana berinteraksi dengan lingkungan terdekat
3.1  Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : orang menyapa yang belum dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang

Contoh:
A :   Good morning
        How Are you?
B :   Fine thanks.

A :   Hi, I’m Rani
B :   Hello, I’m Nina.

A :   Go away !
B :   Okay.
A :   Don’t be Noisy
B :   I won’t.




3.2  Melakukan interaksi
           dengan lingkungan      terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi,  mengucapkan terima kasih meminta maaf dan mengungkapkan kesantunan


Contoh :
A.      Where is it ?
B.      It’s here.

A.      Thanks a lot.
B.      You’ re
        Welcome.

A.      I’ m sorry.
B.     It’s Okay.

A. Please,
       come in.
B.Thank you.



4. Berbicara
      Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

4.1  Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Teks Fungsional :
·         Intruction
·         Shopping list
·         Greetings
·         Announcement




4.2.Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
1. Teks fungsional berbentuk :
·         instruction
·         shopping list
·         greetings
·         announcement



5. Membaca
Memahami makna dalam teks  tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

 5.1 Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
 Pronunciation kata
dan Intonation:
    frasa,
    kalimat yang
   telah dipelajari





5.2  Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat


·     Teks fungsional pendek berbentuk:

-   Instruksi
-   Daftar barang
-   Kartu ucapan
-   Pengumuman




6.Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan  lingkungan terdekat

6.1  Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
·   Teks fungsional pendek berbentuk:
-   Instruksi
-   Daftar barang
-   Kartu ucapan
-   Pengumuman
·  Kalimat sederhana terkait materi dan jenis teks.



  6.2.Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
2.      Teks fungsional pendek tentang :
-   Instruksi
-   Daftar barang
-   Kartu ucapan
-   pengumuman

·         Langkah retorika teks fungsional pendek




jumlah


2




























































































































































































































7.Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan llingkungan terdekat
7.1   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur  : meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta
 Contoh:

A :  Pass me the
      pencil,   please!
B :  Sure. Here you
      Are.

A :  Give me a piece
      of paper, please!
B :  Sure, Here You
      are.

A :  Did you come
      here yesterday?
B :  I did.




7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi ) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak turur : meminta dan memberi pendapat dan menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, dan merespon secara interpersonal

Contoh :

A. What do you
     Think?
B. Not bad.
A.  I like tea
B.  I dont
     I like milk

A.  Are you sure ?  
B.  I am

A.  Are you?
Yes, I am


8. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
8.1  Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
·     Teks fungsional pendek berupa :
-   Instruksi
-   Daftar barang
- Ucapan Selamat
-   Pengumuman

·     Kosakata terkait tema dan jenis teks

·     Ciri kebahasaan teks fungsional :
-   instruksi
-   daftar barang
-   ucapan selamat
-   pengumuman




8.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure



·     Teks monolog berbentuk:
-   DeskriptIf
-   prosedur
·        Kosakata terkait tema / jenis teks
·        Ciri kebahasaan teks deskriptif dan procedur.
·        Langkah retorika teks deskriptif / prosedur


9. Berbicara
      mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana berinteraksi dengan lingkungan terdekat
9.1   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal
( bersosialisasi ) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar  dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, dan meminta memberi fakta

·     Contoh:

A : Pass me the
     pencil please!
B : Sure. here you
      are.

A : Give me the paper
      Please!
B : Sure, here it is.




 9.2  Mengungkapkan  makna dalam  percakapan transaksional (to get things done)  & interpersonal (bersosialisai) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar  dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi pendapat, menyatakan suka dantidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara interpersonal

Contoh :

A.  What do you think  of this?
B.  Not bad

A.  I like tea
B.  I don’t

A.  Are you sure
B.  I am

A.      Do you?
B.      I do



10. Berbicara
        Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
10.1. Mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Teks fungsional pendek berbentuk :

­   Instruksi
­   Daftar barang
­   Pengumuman
­   Ucapan selamat





 10.2  Mengungkapkan makna dalam  monolog pendek sangat sederhana  dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure

1. Teks monolog
  berbentuk :

Descriptive/Procedure

2. Kosa kata terkait tema / jenis teks.
3. Ciri kebahasaan teks deskriptif / prosedur


11. Membaca
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
11.1.   Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

Teks fungsional pendek berupa :
­   Instruksi
­   Daftar barang
­   Ucapan selamat
­   pengumuman





 11.2  Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/procedure


Teks monolog berbentuk deskriptive/procedure

Kosakata terkait tema / jenis teks.

Ciri kebahasaan teks :
- procedure
- descrptive



11.3 membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esai pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive/ procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
Teks descriptive/procedure

Pronunciation

 Intonation

 punctuation



12. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
12.1 Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
- Teks fungsional
­   Instruksi
­   Daftar barang
­   Pengumuman
­   Ucapan selamat
-   Kosakata terkait tema / jenis teks.
-   Ciri kebahasaan teks fungsional.




 12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkunguan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/ procedure

Teks monolog berbentuk

Descriptive/procedure




jumlah




Mengetahui,
Kepala SMP/MTs…….............



( ............................................. )
NIP/NIK : …………………

.........., ………………....20...
Guru Mapel Bahasa Inggris



( ........................................)
NIP/NIK : ……………….







PROGRAM TAHUNAN


Nama Sekolah        : .........................
Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris
Kelas / Semester     : VIII – 1 & 2
Tahun Pelajaran     : 20... / 20 ...
Target Nilai Prota  : ......

SMT
STANDAR KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
KET
1

















































































































































































































































Mendengarkan
1.  Memahami makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
1.1  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat

1.2  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat


Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan:

A : Let me help you.
B : Thank you so much.

A: Can I have a bit?
B: Sure. Here you are.                                                     

A: Did you break the glass?
B: Yes I did  /  No, it wasn’t me.

A: What do you think of this?
B: Not bad.



Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan:
A: Would you come to my party?
B: I’d love to /  I want to, but ........
A; I do agree
B; Thanks for the support.
A; No way ....
B:  It’s O.K. No problem

A: You have beautiful hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B: Thank you.



Mendengarkan
2. Memahami   makna   dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  descriptive dan recount  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
















2.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount


·  Teks fungsioanl pendek berupa :                  Undangan                    
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.
                     Mona

·   Ciri kebahasaan teks fungsional pendek




·  Langkah retorika teks:
-     descriptive (identification – descriptions)
-     recount ( orientation events)
-     reorientation




Teks lisan berbentuk
·         descriptive
·         recount


Langkah retorika teks :
·         descriptive (identification – descriptions)
·         recount ( orientation events – reorientation)



Berbicara
3. Mengungkap kan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar


3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat

3.2 Memahami dan merespon percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat


Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan.

A; Let me help you.
B: Thank you so much.

A: Can I have a bit.
B: Sure. Here you are.

A: Did you break the glass?
B: Yes, I did  /
No, it wasn’t me.
A: What do you think of this?
B: Not bad.







A: Would you come to
     party?
B: I’d love to / I wan’t to,
    but .........
A: I do agree.
B: Thanks for the
     Support.
A: No, way, ...
B: It’s O.K. I
     understand.
A: You have beautiful
     hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B; Thank you.



Berbicara
4. Mengungkap kan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
4.1 .Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek  sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa nista secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount

Teks fungsional pendek berupa :Undangan                         










1.       Teks pendek berbentuk  recount
2.           informasi faktual
- informasi rinci
- gagasan utama
- gagasan pendukung dalam teks pendek berbentuk recount
3.         Ciri kebahasaan teks
      recount




Membaca
5. Memahami makna teks tulis fungsional  dan esei pendek sederhana  berbentuk descriptive dan recount  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar


5.1 Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan  esei berbentuk descriptive dan recount  pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.2 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingungan sekitar
5.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount


Teks fungsional pendek berupa: Undangan     















·   Makna gagasan
·   Makna tekstual dalam teks descriptive dan recount
·   Langkah retorika teks descriptive dan recount
·   Tujuan komunikatif teks descriptive dan recount
·   Ciri kebahasaan teks descriptive dan recount            


Menulis
6.  Mengungkapkan  makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

6.1.Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
6.2.Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam  teks berbentuk descriptive dan recount
Teks fungsional pendek
  berupa :
- Undangan                          - Pengumuman                   - Pesan Singkat






Teks rumpang berbentuk                      - descriptive                   - recount

Kalimat acak




jumlah


2





































































































































































































































































































Mendengarkan
7. Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

7.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuat







7.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, dan  mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: Do you mind lending me some money?
B: No Problem / I want to, but ...

A: Can I have a bit
B: Sure, here you are

A:Here’s some money for you
B: I can’t take this, sorry

A: Do you like it?
B: Yes I do

A: Have you done it?
B: Sorry, I haven’t

A: Do you think it’s good?
B: I think so / Sorry, I can’t say anything

A: Would you like some...
B: Yes, please / No, thanks


Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: What if it I do it again.
B: Fine, with me.
A: I have to go now.
B: Do you have to?
A: ..........
B: Right / I see / Hm...m.

·         Hello, excuse me .....
·         Did you?  / Were you ?
·         Thanks/ Bye.../ See you.
·         Could I speak to .... please?
·         Well, I’m calling to....
·         Nice talking to you





Mendengarkan
8. Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

8.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar















8.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog  pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount

Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: Do you mind lending me some money?
B: No Problem / I want to, but ...

A: Can I have a bit
B: Sure, here you are

A:Here’s some money for you
B: I can’t take this, sorry

A: Do you like it?
B: Yes I do

A: Have you done it?
B: Sorry, I haven’t

A: Do you think it’s good?
B: I think so / Sorry, I can’t say anything

A: Would you like some...
B: Yes, please / No, thanks


Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: What if it I do it again.
B: Fine, with me.
A: I have to go now.
B: Do you have to?
A: ..........
B: Right / I see / Hm...m.

·         Hello, excuse me .....
·         Did you?  / Were you ?
·         Thanks/ Bye.../ See you.
·         Could I speak to .... please?
·         Well, I’m calling to....
·         Nice talking to you




Berbicara
9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

9.1.Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu







9.2.Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon


Percakapan singkat memuat ungkapan – ungkapan :

A: Do you mind lending me some money?
B: No, problems

A: Can I have a bit?
B: Sure, here you are.

A: Here is some money for  you.
B: Sorry, I can’t take this.

A: Do you like it ?
B: Yes, I do.

A: Have you done it?
B:No, I haven’t.

A: Do you think it’s good?
B: I think it is / Sorry I can’t say any thing

A: Would you like some .....?
B: Yes, please / No, Thanks




Teks percakapan memuat ungkapan  berikut:
A: what if I do it again?
B: Fine with me.

A: I Must go now
B: Do you have to?

·  Right.
·  I see.
·  Hm...m yeah

·  Hello,excuse me
·  Did you? / Were you?
·  Thanks/ Bye / see you
·  Could I speak to ..?
·  Well,I’m calling to ...?
·  Nice talking to you.



Berbicara
10. Mengungkapkan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

10.1    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

10.2    Mengungkap kan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount  dan narrative

·  Teks fungsional pendek : 
    - Undangan
    - Pengumuman 
    - Pesan singkat






·         Teks monolog berbentuk narrative                  



Membaca
11. Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

11.1  Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan essai pendek sederhana berbentuk recount dan narrative  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

11.2    Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

11.3    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan nararative

·         Teks Essai berbentuk              narrative / recount             

·         Ciri kebahasaan
Teks Essai berbentuk           narrative / recount    
         
·         Tujuan komunikatif teks essai narratif / recount

·         Langkah retorika     narrative / recount      





·  Teks fungsional :
  - undangan
  - pengumuman
  - pesan

·  Tujuan komunikatif
·  Ciri kebahasaan




Menulis
12. Mengungkapkan makna  dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

12.1.    Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

12.2.    Mengungkap kan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk  recount dan narrative

Teks fungsional :
- undangan
- pengumuman
- pesan singkat











·         Teks Essai  narrative / recount
·         Ciri kebahasaan teks narrative / recount
·         Langkah retorika teks narrative / recount




jumlah










Mengetahui,
Kepala SMP/MTs…….............



( ............................................. )
NIP/NIK : …………………

.........., ………………....20...
Guru Mapel Bahasa Inggris



( ........................................)
NIP/NIK : ……………….






PROGRAM TAHUNAN


Nama Sekolah        : .........................
Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris
Kelas / Semester     : IX – 1 & 2
Tahun Pelajaran     : 20... / 20 ...
Target Nilai Prota  : ………….

SMT
standar kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
KET
1


































































































































































































Mendengarkan
1. Memahami makna   dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
1.1  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan

Percakapan memuat ungkapan-ungkapan berikut
Are you sure ?
I am. It is confirmed

  1. Well... I am not sure
  2. Don’t worry







1.2  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman

Percakapan memuat ungkapan berikut :

I beg your pardon?/Pardon?

A. I’ve got good news!
B. Tell me more about it.

A. What a beautiful day!
B. It is. Shall we go to the beach ?



Mendengarkan
2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari

2.1  Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·      Teks fungsional /pendek
-       pesan singkat
-       iklan
-       pengumuman





2.2. Merespon makna  yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
Teks monolog berbentuk procedure dan report.







Berbicara
3. Mengungkapkan  makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

3.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan


Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan:

  1. Are you sure ?
  2. I am. It is confirmed.


  1. Well... I am not sure.
  2. Don’t worry.















3.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman 
1.      Tanya jawab menggali kosa kata terkait topik / tema yang dipelajari.

2.      Tanya jawab menggunakan ungkapan terkait materi.


3.      Mendengarkan percakapan menggunakan ungkapan terkait.

4.      Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.


5.      Bermain peran melakukan percakapan.



Berbicara
4. Mengungkapkan  makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari

4.1  Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·        Teks fungsional / pendek
-       pesan singkat.
-       iklan.
-       pengumuman



4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report

Teks monolog berbentuk procedure dan report.




Membaca
5. Memahami  makna teks tulis fungsional dan esei pendek  sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

5.1  Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report


·         Teks monolog procedure/report
·         Makna gagasan teks procedure
·         Informasi factual
·         Informasi rinci
·         Informasi tersirat dalam teks procedure dan report
·         Tujuan komunikatif teks procedure dan alat

·         Langkah retorika
-   teks procedure (purpose material-steps)
-   teks report (identification-description)





5.2.Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

5.3. Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk procedure   dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima

·         Makna gagasan dan tekstual dalm teks fungsional/pengumuman, iklan dan pesan singkat







·         Ciri kebahasaan teks fungsional pengumuman




Menulis
6. Mengungkap kan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
6.1  Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·         kalimat sederhana
-       imperatives
-       simple present

Teks fungsional pendek :
1. iklan
2. surat pribadi



6.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report

·         kalimat acak dari teks procedure/report




·         teks monolog pendek berbentuk procedure/report



jumlah


2









































































































































































































































































































Mendengarkan
7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan  pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari

7.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan



·   Ungkapan kesantunan, contoh:
- Could you please......?
- With pleasure.
- Would you mind repeating that?
- Sorry, what did you say?
- Oh thank you








7.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur memberi berita yang menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita

Percakapan memuat:
·   Ungkapan memberi berita yang menarik perhatian, contoh:
A.      Guess what!  I’ve got good news!
B.      Please tell me. What is it?

·   Ungkapan memberi komentar tentang berita
A.      I got 10 for the English test
B.      Really ?? That’s fantastic!



Mendengarkan
8. Memahami makna   dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
8.1  Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·   Teks fungsional pendek:
-       iklan
-       surat pribadi

·   Ciri-ciri kebahasaan iklan dan surat pribadi






8.2. Merespon makna  yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report   
·   Teks monolog berbentuk narrative/report terkait tema tertentu
·   Tujuan komunikatif teks monolog berbentuk narrative/report
·   Langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report
·   Ciri-ciri kebahasaan teks monolog berbentuk report
-       simple present tense
-       General nouns
-       Relating verbs, action verbs, istilah teknis





Berbicara
9. Mengungkap kan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dan monolog pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari


9.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan


·   Percakapan memuat ungkapan kesantunan, contoh:
A.      Could you please ...?
B.     With pleasure.















9.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: memberi berita yang menarik perhatian dan memberi komentar terhadap berita

·   Ungkapan memberi berita yang menarik perhatian, contoh:
A.      Guess what! I’ve got hot news!
B.      Please tell me. What is it?

·   Ungkapan memberi komentar tentang berita
A.      I got 10 for the English test
B.      Really ?? That’s fantastic!




Berbicara
10. Mengung kapkan makna  dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari

10.1.Mengungkapkan makna dalam  teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Teks fungsional pengumuman.
Teks fungsional : - pesan-pesan singkat
Teks fungsional : -iklan



10.2.Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari berbentuk narrative dan report

 Teks monolog berbentuk narrative/report terkait tema tertentu
·   Tujuan komunikatif teks monolog berbentuk narrative/report
·   Langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report
·   Ciri-ciri kebahasaan teks monolog berbentuk narrative/report
   Simple present tense
General nouns
Relating verbs, action verbs, istilah teknis




Membaca
11. Memahami  makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

11.1.Membaca nyaring bermakna  teks tulis fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·        Teks fungsional pendek :
-   iklan
-   surat pribadi



11.2  Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·         Teks fungsional pendek
-       iklan
-       surat pribadi



·         Informasi dalam teks fungsional pendek
-       gagasan utama
-       informasi rinci
-       makna kata, frasa, kalimat





11.3  Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

·         Teks monolog berbentuk
-       narrative
-       report

·         Informasi dalam teks monolog narrative and report
-       gagasan utama
-       informasi rinci
-       informasi faktual




11.4 Membaca nyaring bermakna  teks tulis fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari



·         teks narrative/report terkait tema ter-tentu









Menulis
12. Mengung kapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk    narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
12.1   Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·        Teks fungsional pendek
-       iklan
-       surat pribadi



12.2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

·   Teks monolog berbentuk narrative/report terkait tema tertentu
·   Tujuan komunikatif teks monolog berbentuk narrative/report
·   Langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report
·   Ciri-ciri kebahasaan teks monolog berbentuk narrative/report
·   simple present tense
·   General nouns
·   Relating verbs, action verbs, istilah teknis




jumlah




Mengetahui,
Kepala SMP/MTs…….............



( ............................................. )
NIP/NIK : …………………

.........., ………………....20...
Guru Mapel Bahasa Inggris



( ........................................)
NIP/NIK : ……………….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar