PROGRAM TAHUNAN
Nama Sekolah :
.........................
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VII – 1 & 2
Tahun Pelajaran :
20... / 20 ...
Target Nilai Prota : ...
SMT
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
1
|
1.Mendengarkan
memahami makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
1.1 Merespon
makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan
interpersonal (bersosialisasi ) yang
mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah
dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau
melarang
|
Contoh:
A : Good morning
How are you ?
B : Fine Thanks.
Nice to
meet you
A : Hello, I’ Nina
B : Hi, I’m Reny
Nice to
meet you
A : Don’t do that
B : No. I won’t
A : Stop it
B : Ok
|
|
|
|
1.2.
Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang
mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk beriteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi
informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan
kesantunan
|
Contoh :
A : Where’s the book?
B : It’s there.
A : Thank you.
B : You’re welcome.
A : I’m sorry.
B : it,s okay.
A : Please..!
B : All right thanks.
|
|
|
|
2. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan
fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
|
2.1 Merespon
makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat
sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
Contoh:
·
Keep closed !
·
Things to buy
-
Sugar
-
Flour
-
Meat
-
Butter
· Congratulations
!
· Well done !
· Announcement
!
“ School will close tomorow since
it’s the WAISAK day.”
|
|
|
|
|
2.2.
Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek
sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
|
Contoh:
· Congratulations
!
· Well done !
· Announce
ment !
“ School will close tomorow since
it’s the WAISAK day
|
|
|
|
3. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal sangat sederhana berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
3.1 Melakukan interaksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur : orang menyapa yang belum dikenal,
memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang
|
Contoh:
A : Good morning
How Are you?
B : Fine thanks.
A : Hi, I’m Rani
B : Hello, I’m Nina.
A : Go away !
B : Okay.
A : Don’t be Noisy
B : I won’t.
|
|
|
|
|
3.2 Melakukan interaksi
dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur :
meminta dan memberi informasi,
mengucapkan terima kasih meminta maaf dan mengungkapkan kesantunan
|
Contoh :
A.
Where is it ?
B.
It’s here.
A.
Thanks a lot.
B.
You’ re
Welcome.
A.
I’ m sorry.
B.
It’s Okay.
A. Please,
come in.
B.Thank you.
|
|
|
|
4. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
|
4.1 Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional
pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Teks Fungsional :
·
Intruction
·
Shopping
list
·
Greetings
·
Announcement
|
|
|
|
|
4.2.Mengungkapkan
makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
1. Teks
fungsional berbentuk :
·
instruction
·
shopping list
·
greetings
·
announcement
|
|
|
|
5. Membaca
Memahami
makna dalam teks tulis fungsional
pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
5.1 Membaca nyaring bermakna kata,
frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang
berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
Pronunciation kata
dan Intonation:
frasa,
kalimat yang
telah dipelajari
|
|
|
|
|
5.2 Merespon makna yang terdapat
dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
·
Teks fungsional pendek berbentuk:
- Instruksi
- Daftar
barang
- Kartu
ucapan
- Pengumuman
|
|
|
|
6.Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks
tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
6.1 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks
tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
·
Teks fungsional pendek berbentuk:
- Instruksi
- Daftar
barang
- Kartu
ucapan
- Pengumuman
· Kalimat
sederhana terkait materi dan jenis teks.
|
|
|
|
|
6.2.Mengungkapkan langkah retorika dalam
teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
2.
Teks fungsional pendek tentang :
- Instruksi
- Daftar
barang
- Kartu
ucapan
- pengumuman
·
Langkah retorika teks fungsional pendek
|
|
|
|
|
jumlah
|
|
|
||
2
|
7.Mendengarkan
Memahami makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan llingkungan terdekat
|
7.1 Merespon makna dalam percakapan
transaksional (to get things done )
dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur : meminta dan memberi
jasa, meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta
|
Contoh:
A : Pass me the
pencil, please!
B : Sure. Here you
Are.
A : Give me a piece
of paper, please!
B : Sure, Here You
are.
A : Did you come
here yesterday?
B : I did.
|
|
|
|
7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi ) sangat
sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak turur : meminta dan memberi
pendapat dan menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, dan
merespon secara interpersonal
|
Contoh :
A. What do you
Think?
B. Not bad.
A. I like tea
B. I dont
I like milk
A.
Are you sure ?
B.
I am
A.
Are you?
Yes, I am
|
|
|
|
8. Mendengarkan
Memahami makna
dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk
descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
8.1 Merespon makna yang
terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat,
lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
· Teks fungsional pendek
berupa :
- Instruksi
- Daftar barang
- Ucapan Selamat
- Pengumuman
· Kosakata terkait tema
dan jenis teks
· Ciri kebahasaan teks
fungsional :
- instruksi
- daftar barang
- ucapan selamat
- pengumuman
|
|
|
|
|
8.2 Merespon makna yang
terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk
descriptive dan procedure
|
· Teks monolog berbentuk:
- DeskriptIf
- prosedur
·
Kosakata terkait tema / jenis teks
·
Ciri kebahasaan teks deskriptif dan procedur.
·
Langkah retorika teks deskriptif / prosedur
|
|
|
|
9. Berbicara
mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
9.1 Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional ( to get
things done ) dan interpersonal
( bersosialisasi ) sangat
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi jasa,
meminta dan memberi barang, dan meminta memberi fakta
|
· Contoh:
A : Pass me the
pencil please!
B : Sure. here you
are.
A : Give me the paper
Please!
B : Sure, here it is.
|
|
|
|
|
9.2
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) & interpersonal (bersosialisai) sangat
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi
pendapat, menyatakan suka dantidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara
interpersonal
|
Contoh :
A.
What do you think of this?
B.
Not bad
A.
I like tea
B.
I don’t
A.
Are you sure
B.
I am
A.
Do you?
B.
I do
|
|
|
|
10. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional dan monolog pendek sangat sederhana descriptive dan procedure
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
10.1. Mengungkapkan
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Teks fungsional pendek berbentuk :
Instruksi
Daftar barang
Pengumuman
Ucapan selamat
|
|
|
|
|
10.2 Mengungkapkan makna
dalam monolog pendek sangat
sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive
dan procedure
|
1. Teks monolog
berbentuk :
Descriptive/Procedure
2. Kosa kata terkait
tema / jenis teks.
3. Ciri kebahasaan teks
deskriptif / prosedur
|
|
|
|
11. Membaca
Memahami makna teks tulis fungsional
dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure
yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
11.1. Merespon makna yang
terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat,
lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
Teks fungsional pendek berupa :
Instruksi
Daftar barang
Ucapan selamat
pengumuman
|
|
|
|
|
11.2 Merespon makna dan
langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esai sangat
sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/procedure
|
Teks monolog berbentuk deskriptive/procedure
Kosakata terkait tema / jenis teks.
Ciri kebahasaan teks :
- procedure
- descrptive
|
|
|
|
|
11.3 membaca nyaring
bermakna teks fungsional dan esai pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive/ procedure dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima
|
Teks descriptive/procedure
Pronunciation
Intonation
punctuation
|
|
|
|
12. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis
fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
12.1 Mengungkapkan makna
dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
- Teks fungsional
Instruksi
Daftar barang
Pengumuman
Ucapan selamat
- Kosakata terkait tema /
jenis teks.
- Ciri kebahasaan teks
fungsional.
|
|
|
|
|
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam
esai pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkunguan terdekat
dalam teks berbentuk descriptive/
procedure
|
Teks monolog berbentuk
Descriptive/procedure
|
|
|
|
|
jumlah
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs…….............
( .............................................
)
NIP/NIK :
…………………
|
|
..........,
………………....20...
Guru
Mapel Bahasa Inggris
(
........................................)
NIP/NIK : ……………….
|
PROGRAM TAHUNAN
Nama Sekolah :
.........................
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII – 1 & 2
Tahun Pelajaran :
20... / 20 ...
Target Nilai Prota : ......
SMT
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
KET
|
1
|
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
|
1.1 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak
jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan
meminta dan memberi pendapat
1.2 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan
menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
|
Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan:
A : Let me help
you.
B : Thank you so
much.
A: Can I have a
bit?
B: Sure. Here you
are.
A: Did you break the glass?
B: Yes I did /
No, it wasn’t me.
A: What do you think of this?
B: Not bad.
Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan:
A: Would you come
to my party?
B: I’d love to
/ I want to, but ........
A; I do agree
B; Thanks for the
support.
A; No way ....
B: It’s O.K. No problem
A: You have
beautiful hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B: Thank you.
|
|
|
Mendengarkan
2. Memahami makna
dalam teks lisan fungsional dan
monolog pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar.
|
2.1 Merespon makna
yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
2.2 Merespon makna
yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
· Teks
fungsioanl pendek berupa :
Undangan
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come
to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.
Mona
· Ciri
kebahasaan teks fungsional pendek
· Langkah
retorika teks:
- descriptive (identification
– descriptions)
- recount ( orientation
events)
- reorientation
Teks lisan berbentuk
·
descriptive
·
recount
Langkah retorika teks :
·
descriptive (identification – descriptions)
·
recount ( orientation events –
reorientation)
|
|
|
|
Berbicara
3. Mengungkap kan makna dalam percakapan transaksional
dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
|
3.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui,
mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
3.2 Memahami dan merespon
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji,
dan memberi selamat
|
Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan.
A; Let me help
you.
B: Thank you so
much.
A: Can I have a
bit.
B: Sure. Here you
are.
A: Did you break the glass?
B: Yes, I did /
No, it wasn’t me.
A: What do you think of this?
B: Not bad.
A: Would you come
to
party?
B: I’d love to / I
wan’t to,
but .........
A: I do agree.
B: Thanks for the
Support.
A: No, way, ...
B: It’s O.K. I
understand.
A: You have
beautiful
hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B; Thank you.
|
|
|
|
Berbicara
4. Mengungkap
kan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
4.1 .Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
4.2. Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa nista
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
|
Teks fungsional pendek berupa :Undangan
1. Teks pendek
berbentuk recount
2. –
informasi faktual
- informasi
rinci
- gagasan
utama
- gagasan
pendukung dalam teks pendek berbentuk recount
3. Ciri kebahasaan teks
recount
|
|
|
|
Membaca
5. Memahami makna
teks tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk descriptive dan
recount yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar
|
5.1 Membaca nyaring
bermakna teks tulis fungsional dan
esei berbentuk descriptive dan recount pendek dan sederhana dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.2 Merespon makna
dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingungan sekitar
5.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek
sederhana secara akurat, lancar dan berterima
yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
|
Teks fungsional pendek berupa: Undangan
· Makna gagasan
· Makna tekstual dalam
teks descriptive dan recount
· Langkah retorika teks
descriptive dan recount
· Tujuan komunikatif teks
descriptive dan recount
· Ciri kebahasaan teks descriptive dan recount
|
|
|
|
Menulis
6.
Mengungkapkan makna dalam teks
tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
6.1.Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
6.2.Mengungkapkan makna
dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
|
Teks fungsional pendek
berupa :
- Undangan - Pengumuman - Pesan Singkat
Teks
rumpang berbentuk - descriptive - recount
Kalimat acak
|
|
|
|
|
jumlah
|
|
|
||
2
|
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
7.1 Merespon makna yang
terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa,
meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari
informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima
/ menolak sesuat
7.2 Merespon makna yang
terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon
pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang,
dan menutup percakapan, dan mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
|
Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: Do you mind lending me some money?
B: No Problem / I want to, but ...
A: Can I have a bit
B: Sure, here you are
A:Here’s some money for you
B: I can’t take this, sorry
A: Do you like it?
B: Yes I do
A: Have you done it?
B: Sorry, I haven’t
A: Do you think it’s good?
B: I think so / Sorry, I can’t say anything
A: Would you like some...
B: Yes, please / No, thanks
Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: What if it I do it again.
B: Fine, with me.
A: I have to go now.
B: Do you have to?
A: ..........
B: Right / I see / Hm...m.
·
Hello, excuse me .....
·
Did you? / Were you ?
·
Thanks/ Bye.../ See
you.
·
Could I speak to ....
please?
·
Well, I’m calling
to....
·
Nice talking to you
|
|
|
Mendengarkan
8. Memahami
makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
|
8.1 Merespon makna yang
terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.2 Merespon makna yang
terdapat dalam monolog pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount
|
Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: Do you mind lending me some money?
B: No Problem / I want to, but ...
A: Can I have a bit
B: Sure, here you are
A:Here’s some money for you
B: I can’t take this, sorry
A: Do you like it?
B: Yes I do
A: Have you done it?
B: Sorry, I haven’t
A: Do you think it’s good?
B: I think so / Sorry, I can’t say anything
A: Would you like some...
B: Yes, please / No, thanks
Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: What if it I do it again.
B: Fine, with me.
A: I have to go now.
B: Do you have to?
A: ..........
B: Right / I see / Hm...m.
·
Hello, excuse me .....
·
Did you? / Were you ?
·
Thanks/ Bye.../ See
you.
·
Could I speak to ....
please?
·
Well, I’m calling
to....
·
Nice talking to you
|
|
|
|
Berbicara
9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
|
9.1.Mengungkapkan makna
dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang,
meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak
pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
9.2.Mengungkapkan makna
dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian
terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta
mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
|
Percakapan singkat memuat ungkapan – ungkapan :
A: Do you mind lending me some money?
B: No, problems
A: Can I have a bit?
B: Sure, here you are.
A: Here is some money for you.
B: Sorry, I can’t take this.
A: Do you like it ?
B: Yes, I do.
A: Have you done it?
B:No, I haven’t.
A: Do you think it’s good?
B: I think it is / Sorry I can’t say any thing
A: Would you like some .....?
B: Yes, please / No, Thanks
Teks percakapan memuat ungkapan
berikut:
A: what if I do it again?
B: Fine with me.
A: I Must go now
B: Do you have to?
· Right.
· I see.
· Hm...m yeah
· Hello,excuse me
· Did you? / Were you?
· Thanks/ Bye / see you
· Could I speak to ..?
· Well,I’m calling to ...?
· Nice talking to you.
|
|
|
|
Berbicara
10. Mengungkapkan
makna dalam teks lisan
fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk recount, dan
narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
10.1 Mengungkapkan makna
dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
10.2 Mengungkap kan makna
dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative
|
· Teks fungsional pendek
:
-
Undangan
-
Pengumuman
-
Pesan singkat
·
Teks monolog berbentuk narrative
|
|
|
|
Membaca
11. Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount,
dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
11.1 Membaca nyaring
bermakna teks fungsional dan essai pendek sederhana berbentuk recount dan
narrative dengan ucapan, tekanan
dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.2 Merespon makna dalam
teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima
yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.3 Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount
dan nararative
|
·
Teks Essai berbentuk narrative / recount
·
Ciri kebahasaan
Teks Essai berbentuk narrative / recount
·
Tujuan komunikatif teks essai narratif / recount
·
Langkah retorika
narrative / recount
· Teks fungsional :
- undangan
- pengumuman
- pesan
· Tujuan komunikatif
· Ciri kebahasaan
|
|
|
|
Menulis
12. Mengungkapkan makna
dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount
dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
12.1. Mengungkapkan makna
dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
12.2. Mengungkap kan makna
dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar berbentuk recount dan narrative
|
Teks fungsional :
- undangan
- pengumuman
- pesan singkat
·
Teks Essai narrative / recount
·
Ciri kebahasaan teks narrative / recount
·
Langkah retorika teks narrative / recount
|
|
|
|
|
jumlah
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs…….............
( .............................................
)
NIP/NIK :
…………………
|
|
..........,
………………....20...
Guru
Mapel Bahasa Inggris
(
........................................)
NIP/NIK : ……………….
|
PROGRAM TAHUNAN
Nama Sekolah :
.........................
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
IX – 1 & 2
Tahun Pelajaran :
20... / 20 ...
Target Nilai Prota : ………….
SMT
|
standar
kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
KET
|
1
|
Mendengarkan
1. Memahami
makna dalam percakapan transaksional
dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
1.1 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta
mengungkapkan dan menanggapi keraguan
|
Percakapan memuat
ungkapan-ungkapan berikut
Are you sure ?
I am. It is
confirmed
|
|
|
|
1.2 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan
perhatian, dan menyatakan kekaguman
|
Percakapan memuat ungkapan berikut :
I beg your pardon?/Pardon?
A. I’ve got good news!
B. Tell me more about it.
A. What a beautiful day!
B. It is. Shall we go to the beach ?
|
|
|
|
Mendengarkan
2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog
pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
|
2.1 Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
·
Teks fungsional /pendek
- pesan
singkat
-
iklan
-
pengumuman
|
|
|
|
|
2.2.
Merespon makna yang terdapat dalam
monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
|
Teks monolog berbentuk procedure dan report.
|
|
|
|
Berbicara
3. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek
sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
3.1.
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan
memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan
|
Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan:
|
|
|
|
|
3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan
menyatakan kekaguman
|
1.
Tanya jawab menggali kosa kata terkait
topik / tema yang dipelajari.
2.
Tanya jawab menggunakan ungkapan terkait
materi.
3.
Mendengarkan percakapan menggunakan
ungkapan terkait.
4.
Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
5.
Bermain peran melakukan percakapan.
|
|
|
|
Berbicara
4. Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk
procedure dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
4.1 Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
·
Teks fungsional / pendek
- pesan
singkat.
- iklan.
- pengumuman
|
|
|
|
|
4.2.
Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
|
Teks monolog berbentuk procedure dan report.
|
|
|
|
Membaca
5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei
pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
5.1 Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam
teks berbentuk procedure dan report
|
·
Teks
monolog procedure/report
·
Makna gagasan teks procedure
·
Informasi factual
·
Informasi rinci
·
Informasi tersirat dalam teks procedure dan report
·
Tujuan komunikatif teks procedure dan alat
·
Langkah retorika
- teks
procedure (purpose material-steps)
- teks report
(identification-description)
|
|
|
|
|
5.2.Merespon makna yang terdapat
dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.3. Membaca nyaring bermakna teks
fungsional dan esei pendek sederhana
berbentuk procedure dengan
ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
|
·
Makna gagasan dan tekstual dalm teks
fungsional/pengumuman, iklan dan pesan singkat
·
Ciri kebahasaan teks fungsional pengumuman
|
|
|
|
Menulis
6. Mengungkap kan makna
dalam teks tulis fungsional dan esei
pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
6.1 Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
·
kalimat sederhana
- imperatives
- simple present
Teks fungsional pendek :
1. iklan
2. surat pribadi
|
|
|
|
|
6.2 Mengungkapkan makna dan langkah
retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
|
·
kalimat acak dari teks procedure/report
·
teks monolog pendek berbentuk procedure/report
|
|
|
|
|
jumlah
|
|
|
||
2
|
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal lisan pendek sederhana
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
7.1
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things
done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan
kesantunan
|
· Ungkapan kesantunan,
contoh:
- Could you please......?
- With pleasure.
- Would you mind repeating that?
- Sorry, what did you say?
- Oh thank you
|
|
|
|
7.2
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things
done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari yang melibatkan tindak tutur memberi berita yang menarik
perhatian, dan memberi komentar terhadap berita
|
Percakapan memuat:
· Ungkapan memberi berita
yang menarik perhatian, contoh:
A.
Guess what! I’ve got good news!
B.
Please tell me. What is
it?
· Ungkapan memberi
komentar tentang berita
A.
I got 10 for the
English test
B.
Really ?? That’s
fantastic!
|
|
|
|
Mendengarkan
8. Memahami makna
dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative
dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
8.1 Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
· Teks fungsional pendek:
- iklan
- surat pribadi
· Ciri-ciri kebahasaan
iklan dan surat pribadi
|
|
|
|
|
8.2. Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
|
· Teks monolog berbentuk narrative/report terkait tema tertentu
· Tujuan komunikatif teks
monolog berbentuk narrative/report
· Langkah retorika teks
monolog berbentuk narrative/report
· Ciri-ciri kebahasaan
teks monolog berbentuk report
- simple present tense
- General nouns
- Relating verbs, action verbs, istilah teknis
|
|
|
|
Berbicara
9. Mengungkap kan makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
9.1.
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan
|
· Percakapan memuat
ungkapan kesantunan, contoh:
A.
Could you please ...?
B. With pleasure.
|
|
|
|
|
9.2
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur: memberi berita yang menarik perhatian dan memberi
komentar terhadap berita
|
· Ungkapan memberi berita
yang menarik perhatian, contoh:
A.
Guess what! I’ve got
hot news!
B.
Please tell me. What is
it?
· Ungkapan memberi komentar
tentang berita
A.
I got 10 for the
English test
B.
Really ?? That’s
fantastic!
|
|
|
|
Berbicara
10. Mengung kapkan makna
dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk
narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
10.1.Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
Teks fungsional pengumuman.
Teks fungsional : - pesan-pesan singkat
Teks fungsional : -iklan
|
|
|
|
|
10.2.Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari berbentuk narrative
dan report
|
Teks monolog berbentuk narrative/report terkait tema tertentu
· Tujuan komunikatif teks
monolog berbentuk narrative/report
· Langkah retorika teks
monolog berbentuk narrative/report
· Ciri-ciri kebahasaan
teks monolog berbentuk narrative/report
Simple present tense
General
nouns
Relating
verbs, action verbs, istilah teknis
|
|
|
|
Membaca
11. Memahami makna
teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
11.1.Membaca
nyaring bermakna teks tulis fungsional
dan esei pendek sederhana berbentuk narrative
dan report dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
·
Teks fungsional pendek :
- iklan
- surat pribadi
|
|
|
|
|
11.2 Merespon makna dalam teks
tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
·
Teks fungsional pendek
- iklan
- surat pribadi
·
Informasi dalam teks fungsional pendek
- gagasan utama
- informasi rinci
- makna kata, frasa,
kalimat
|
|
|
|
|
11.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam
esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan
report
|
·
Teks monolog berbentuk
- narrative
- report
·
Informasi dalam teks monolog narrative and report
- gagasan utama
- informasi rinci
- informasi faktual
|
|
|
|
|
11.4
Membaca nyaring bermakna teks tulis
fungsional dan esei pendek sederhana
berbentuk narrative dan report
dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
·
teks narrative/report
terkait tema ter-tentu
|
|
|
|
Menulis
12. Mengung kapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk narrative dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
12.1
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
·
Teks fungsional pendek
- iklan
- surat pribadi
|
|
|
|
|
12.2.
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative
dan report
|
· Teks monolog berbentuk narrative/report terkait tema tertentu
· Tujuan komunikatif teks
monolog berbentuk narrative/report
· Langkah retorika teks
monolog berbentuk narrative/report
· Ciri-ciri kebahasaan
teks monolog berbentuk narrative/report
· simple present tense
· General nouns
· Relating verbs, action verbs, istilah teknis
|
|
|
|
|
jumlah
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs…….............
( .............................................
)
NIP/NIK :
…………………
|
|
..........,
………………....20...
Guru
Mapel Bahasa Inggris
(
........................................)
NIP/NIK : ……………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar